Studi Notariat dan Serba-Serbi Praktek Notaris

Studi Notariat

Penulis Tan Thong Kie
Penerbit PT. Ichtiar Baru Van Hoeve

Edisi revisi atas buku serupa yang telah terbit sebelumnya. Edisi terdahulu terdiri atas dua jilid: jilid 1 (1994) mengenai Orang dan jilid 2 (2000) mengenai Benda. Isi kedua jilid tersebut sesuai dengan urutan buku dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (BW), yakni Buku Pertama tentang Orang (Bagian Pertama) dan Buku Kedua tentang Benda (Bagian Kedua)
Edisi revisi ini (2007) adalah gabungan jilid 1 dan 2 (edisi terdahulu) dengan Bagian Ketiga (tentang Perikatan) ke dalam satu jilid. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna buku untuk mendapatkan pengetahuan yang utuh mengenai ilmu kenotariatan dalam satu jilid lengkap.

Buku ini terdiri atas dua bagian besar, yakni Bagian Studi Notariat (pelajaran) dan Bagian Serba-Serbi (pengalaman notaris di lapangan). Pada akhir buku ini terdapat Indeks Umum yang memudahkan pengguna mencari topik yang dibutuhkan. Karena buku ini terutama mengupas hal-hal yang berkaitan dengan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, maka di bagian akhir buku terdapat Indeks Pasal Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yang diangkat dalam buku ini. Buku ini juga dilengkapi dengan Suplemen, yakni naskah Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (S. 1847-23) dan UU 30/2004 tentang Jabatan Notaris.

Buku ini ditujukan bagi mahasiswa yang sedang memperdalam ilmu kenotariatan dan para praktisi yang sehari-hari berkecimpung dalam dunia kenotariatan (notaris), untuk menjawab kebutuhan mahasiswa dan praktisi dunia kenotariatan (notaris) dan menjadi salah satu sumber referensi yang sahih sebagai pijakan dalam menjalankan pekerjaannya.

Tan Thong Kie, penulis buku ini, dulu adalah praktisi hukum di bidang notariat. Penulis dikenal sebagai notaris yang jujur dan cerdas, juga tekun dalam menulis. Dikatakan oleh H.W. Roeby dalam bukunya Het Notarisambt en de Notarieele Akte, bahwa seorang notaris itu seharusnya menjadi een baken in de maatschappelijke zee (”rambu dalam lautan masyarakat”).

Studi Notariat dan Praktek Notaris terdiri dari:
1 jilid
– 1.072 halaman
– 14 pelajaran bahasan Hukum Orang, Benda, dan Perikatan
– 32 bab bahasan praktek notaris
– 125 diagram dan foto sebagai ilustrasi
– 1.030 topik indeks umum
– 1.240 topik indeks pasal
2 suplemen (KUHPerd. dan UU Jabatan Notaris)

DATA FISIK:
Ukuran : 16,5 x 24 cm
Jumlah jilid : 1 jilid
Jumlah halaman : 1.072 halaman
Cover : hard cover luks
Kertas isi : HVS 80 gram

This entry was posted in Buku.